Hal-Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Belanja Buku

Apa sih yang membuat kita membeli buku? hobi atau kebutuhan? Ya, kalau kamu memang hobi banget membaca buku, pastinya buku akan menjadi salah satu harta berharga yang paling kamu ingin di dunia ini. Seorang penulis muda Indonesia yang juga seorang pecinta buku, telah berbagi tips pada kita tentang hal-hal yang perlu kita tahu dan pertimbangkan sebelum kita hendak mencari atau belanja buku. ayoo kita Simak!! apa saja sih yang harus diperhatikan?

1. Pilihlah Buku yang Direkomendasikan Oleh Orang yang Kamu Percaya

Orang yang merekomendasikna buku kepada kita pastinya ia berpengalaman dengan buku tersebut, maka bagi kita setidaknya satu keragu-raguan tentang buku tersebut hilang dan menghemat waktu untuk membaca isinya, biasanya dengan atau tanpa penjelasan lebih lengkap tentang mengapa buku tersebut dianggap bagus menurut si pemberi rekomendasi kita akan percaya. Karena beberapa penjelasan tentang buku tersebut akan cukup bisa kita terima.

2. Tidak Ada Salahnya Menjatuhkan Pilihan Pada Buku yang Judulnya Sering Disebut

Biasanya buku-buku yang sering disebut itu adalah buku-buku yang bagus bahkan pemenang penghargaan. Beberapa memang tidak menang penghargaan, namun banyak didiskusikan. Buku-buku seperti  itulah yang memiliki nilai lebih sehingga bisa seperti itu banyak dibicarakan dan mendapat penghargaan. dan hal tersebut akan menambah keyakinan kita dalam membeli buku-buku tersebut tanpa was-was lagi.

3. Pastikan Kamu Memilih Buku yang Pengarangnya Kamu Sukai

Ketika buku yang kita baca sangat bagus, maka kita akan penasaran dengan siapa penulis atau pengarang buku tersebut dari situ kita akan mulai menyukai sang penulis hingga kita akan secara otomatis tertarik dengan karya-karya yang lainnya dari penulis tersebut. tapi itu bukanlah hal yang jelek karena biasanya buku dari karya-karya penulis tersebut kualitasnya tidak akan jauh berbeda satu sama lainnya.

4. Kualitas Penerbit yang Baik Juga Perlu Kamu Perhatikan

Beberapa penerbit yang memiliki reputasi yang bagus karena mereka kerap menerbitkan buku-buku bagus. Seperti halnya seorang penulis penerbitpun sama buku-buku yang mereka terbitkan kualitasnya tidak akan jauh berbeda karena pada prinsipnya penerbit tersebut memilih penulis-penulis yang sudah memiliki kualitas menurut standar penerbit itu sendiri. jadi ga ada salahnya juga kalau kita membeli buku didasarkan atas siapa penerbitnya.

5. Beri Juga Perhatian Pada Penampilan Sampulnya

Kata orang-orang, jangan menilai buku dari sampulnya. Itu benar, tetapi sampul mencerminkan nilai dari buku tersebut juga benar karena sampul juga memiliki pengaruh. Jadi tetap bijaklah dalam memilih buku yakinkan berdasarkan isi sampul dan rekomendasi. gak ada salahnya juga kan.

6. Kalau Harganya Murah, Kenapa Tidak?

Sebagai pembaca, mendapatkan buku-buku dengan harga murah. Semakin murah semakin baik. Kalau perlu gratis adalah impian.
Karena bagaimanapun buku itu buku bagus (menurut orang-orang yang sudah membaca), pengarangnya adalah peraih penghargaan internasional, bukunya telah beberapa kali diangkat ke film, telah diterjemahkan ke banyak bahasa, termasuk buku langka, namun kalau harganya selangit tentu saja akan dipikir beberapa kali sebelum membelinya. Bahkan mungkin takkan pernah membelinya, sampai mendapatkan kesempatan untuk memperolehnya dengan dengan harga yang lebih murah lagi.


Hal-Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Belanja Buku

Semua itu adalah hal-hal alasan kita dalam menentukan buku mana yang patut kita beli. ada berbagai lagi alasan mengapa kita membeli sebuah buku. Tetapi juga kadang kita tidak memiliki alasan sama sekali saat membeli sebuah buku tertentu dan hanya membelinya saja, mencabutnya dari rak dan membawanya ke kasir. kadan tidak kenal pengarangnya dan tak pernah dengar namanya, judul bukunya tak pernah disebut, tidak pernah ada yang merekomendasikannya kepada saya, sampulnya jelek minta ampun, atau dikeluarkan oleh penerbit dari dunia antah-berantah tetapi kita membelinya hanya dengan intuisi saja, semuanya sah-sah sajah semua itu adalah pilihan....
Tag : Info-Menarik
0 Komentar untuk "Hal-Hal yang Perlu Kita Tahu Sebelum Belanja Buku"

Back To Top