Bagan Pengertian Ketahanan Nasional

Ketahanan Nasional, adalah kondisi dinamis suatu bangsa berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan, gangguan maupun ancaman, baik yang datang dari dalam maupun dari luar, langsung maupun tidak langsung, dapat membahayakan integritas, identitas dan kelangsungan hidup bangsa/negara serta perjuangannya mengejar tujuan perjuangan Nasional.

Bagan Pengertian Ketahanan Nasional

Ketangguhan
Merupakan kekuatan yang menyebabkan seseorang/sesuatu dapat bertahan, kuat menderita atau kuat menanggulangi beban.
1. Keuletan
Yaitu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan diiringi kemauan keras di dalam mempergunakan segala kemampuan dan kecakapan untuk mewujudkan cita-cita yang diinginkan.
2. HTAG
Hambatan: suatu hal/usaha yang berasal dari dalam diri sendiri yang bertujuan/bersifat melemahkan atau menghalangi kebijaksanaan dan dilaksanakan/dilakukan tidak secara konsepsional.
Tantangan: suatu hal/usaha yang bertujuan menggugah kemampuan.
Ancaman: suatu hal/usaha yang berasal dari dalam/luar yang bersifat merubah/merombak kebijaksanaan dengan konsepsional, kriminal, maupun politik.
Gangguan: hal/usaha yang berasal luar yang bertujuan/bersifat melemahkan/menghalangi kebijaksanaan dan dilaksanakan secara tidak konsepsional.
3. HTAG dapat membahayakan :
• Identitas
Yaitu ciri khas dari suatu negara dilihat secara holistik (keseluruhan), yaitu negara yang dibatasi oleh wilayah, penduduk, sejarah, pemerintah, tujuan nasional serta peranan yang dimainkannya di dalam dunia internasional.
• Integritas
Yaitu kesatuan yang menyeluruh di dalam kehidupan nasional suatu bangsa, baik sosial, alamiah, potensi maupun fungsional.
• Kelangsungan Hidup
Yaitu keadaan atau kondisi bangsa untuk mempertahankan kehidupan serta kelangsungan hidup bangsa demi mencapai cita-citanya.
• Perjuangan dalam mencapai tujuan nasional
Yaitu semangat atau dorongan untuk membentuk persatuan dan kesatuan yang utuh menyeluruh demi tercapainya tujuan nasional suatu bangsa.

Tujuan Ketahanan Nasional :
Tujuan penyelenggaraan Ketahanan Nasional adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara di dalam kerangka mewujudkan cita-cita mencapai tujuan nasional.
Tujuan nasional berfungsi memberi pengarahan, motivasi dan identitas nasional yang merangsang, mendorong, mengarahkan usaha-usaha nasional.
Tujuan nasional berintikan landasan falsafah negara yang mengandung sejumlah nilai sosial budaya, politik, ekonomi, dan pertahanan keamanan yang hendak dibina.

Pustaka.
-----------------------------


Tag : Sosial
0 Komentar untuk "Bagan Pengertian Ketahanan Nasional"

Back To Top